Sep 15
Pelantikan Pengurus ISMI Pondok Pesantren Daar el Qolam 2 Periode 2017 - 2018
 


​Pelantikan pengurus ISMI (Ikatan Santri Madrasatul mu,alimin al Islamiah) periode tahun 2017 - 2018 di laksanakan di gedung serba guna Ulul Irfan Pondok Pesantren Daar el Qolam 2, pada hari Kamis 14 September 2017.

Screenshot_2017-09-15-23-59-49-1.png

Pemimpin Pondok Daar el Qolam 2, Drs. K.H. Oddy Roshihuddin M.Pd. dalam wejanganya kepada pengurus baru agar pengurus baru dapat menjadi contoh yang baik bagi anggota yang di pimpinnya. Sedangkan Pengasuh Pesantren dalam tausiyahnya menekankan agar pengurus baru mencontoh ahlak Rosulullah Muhammad SAW, dalam melaksanakan tugas kepengurusan.

Screenshot_2017-09-15-23-58-14-1.png



Sep 13
Ujian Tengah Semester 1 (Muroja’ah Ammah) Tahun ajaran 2017/2018 Pondok Pesantren Daar el Qolam 2.

Ujian Tengah Semester merupakan salah satu bentuk ujian yang dilaksanakan oleh sekolah dalam usaha mengetahui hasil proses pembelajaran yang telah dilakukan. Ujian tengah Semester biasanya dilakukan setelah 2 atau 2,5 bulan tahun pelajaran setiap semester. Dalam pelaksanaannya ujian tengah Semester mempunyai tujuan antara kain:

1.      Memantau penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Siswa telah mengikuti beberapa konsep, pokok bahasan pelajaran di semester itu. Bagi guru, ujian ini berfungsi untuk memantau penguasaan siswa terhadap konsep atau pokok bahasan yang sudah dipelajari siswa.

2.      Motivasi belajar bagi siswa

Dengan adanya ujian tengah semester, siswa akan selalu belajar dan tidak menumpuk materi pelajaran.  Ujian ini dapat mengurangi kebiasaan siswa belajar dengan pelajaran yang banyak dan materi pelajaran yang banyak pula.

3.      Menentukan nilai rapor semester

Ujian tengah semester tak kalah pentingnya dengan ujian-ujian lainnya. Karena ujian tengah semester ikut menentukan hasil akhir pada rapor semester atau rapor kenaikan kelas. 

 

Pelaksanaan Ujian Tengah Semester 1 (Muroja’ah Ammah) Tahun ajaran 2017/2018 Pondok Pesantren Daar el Qolam 2, dilaksanakan mulai tanggal 9 s.d.21 September 2017 dengan jadwal mata pelajaran pada setiap kelas yang di ditentukan. Semoga dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang baik pula.

 

Selamat Menempuh Ujian Tengah Semester 1…

Sep 10
Kegiatan Imunisasi Campak dan Rubella/MR (Measles dan Rubella) di Pondok Pesantren Daar el Qolam

Kegiatan Vaksinisasi dan Imunisasi Measles dan Rubella di Pondok Pesantren Daar el-Qolam
Guna menysukseskan program pemerintah tentang Bulan Imunisasi Campak dan Rubella di bulan Agustus dan September 2017, Pondok Pesantren Daar el Qolam juga melaksanakan program tersebut. Kegiatan ini merupakan kerjasama Bagian Kesehatan Pondok Pesantren Daar el Qolam dengan Puskesmas Kecamatan Jayanti. Acara imunisasi terhadap para santri dilakukan secara bertahap pada di Daar el Qolam 1, 2, 3 dan Daar el Qolam 4. Imunisasi ditujukan buat anak-anak usia sekolah maksimal 15 tahun, diadakan di sekolah-sekolah (SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/sederajat) secara GRATIS.

Kegiatan Vaksinisasi dan Imunisasi Measles dan Rubella di Pondok Pesantren Daar el-Qolam

Apa dan Bagaimanakah Measles dan Rubella itu?

Campak (Measles) dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Sebagaimana kebanyakan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus, hal ini tidak ada obatnya. Walaupun begitu, penyakit ini bisa dicegah, atau setidaknya dikurangi dampak bahayanya bila anak-anak yang rentan terinfeksi tersebut mendapatkan imunisasi MR.

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, bahkan sampai kematian. Gejalanya bisa mulai dari demam, ruam, batuk dan pilek, juga mata merah dan berair.

Sedangkan Rubella pada anak-anak biasanya seakan muncul sebagai penyakit ringan, anak-anak mungkin segera merasa baik kembali. Nah, celakanya itu jika penyakit ini menulari ibu hamil pada usia kandungan trimester pertama atau awal kehamilan, karena kalau sampai janinnya terinfeksi, maka kemungkinan Si ibu akan mengalami keguguran. Bila bayi tetap lahir kemudian, maka kemungkian besar bayi tersebut mengalami kecacatan sejak dilahirkan. Inilah yang disebut sebagai Sindroma Rubella Kongenital. Perkembangan selanjutnya dapat berdampak pada perkembangan bayi, antara lain adalah risiko menderita kelainan pada jantung, kebutaan, atau cacat penglihatan, pendengaran, dan terhambatnya perkembangan anak dalam tingkat yang berat, juga bisa mengakibatkan kematian.

Dengan fakta itu, maka imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit MR ini. Satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus, dan inilah yang menjadi peralihan dari vaksin sebelumnya, yaitu MMR (Mumps, Measles, dan Rubella).

Vaksinasi MR Aman

Vaksin ini aman, yang digunakan telah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Vaksin MR 95% efektif untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella. Vaksin ini aman dan telah digunakan di lebih dari 141 negara di dunia. Di samping itu, pemerintah sudah melakukan persiapan dengan seksama, termasuk mengadakan pelatihan berdasarkan perencanaan matang dan baik agar pelaksanaan imunisasi dilakukan dengan aman dan efektif.

Adanya tudingan, dugaan, maupun isu beredar yang mengatakan bahwa imunisasi dapat menyebabkan autis itu tidak terbukti. Bisa dikatakan bahwa ini adalah hoaks terbesar yang beredar secara global.

Untuk itu, maka ibu hamil yang punya anak usia sasaran (9 bulan s.d. 15 tahun) tidak perlu khawatir bila harus mengantar anaknya ke tempat imunisasi, dan mendapatkan layanan imunisasi oleh petugas. Penting diketahui, selain anak-anak, sebenarnya imunisasi MR juga penting buat ibu yang menginginkan punya anak (ibu hamil) atau ibu-ibu yang sedang hamil, khususnya pada usia kehamilan 3 bulan pertama.

Vaksin yang disuntikkan adalah virus yang telah dilemahkan dan tidak punya kemampuan menginfeksi.  Vaksin ini akan bereaksi dengan sistem kekebalan anak yang disuntik, yang kemudian membentuk keimunan terhadap penyakitnya. Dengan kata lain, imunisasi vaksin ini justru untuk mencegah infeksi, bukan menjadi penyebab anak terinfeksi.

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini didukung oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Tim Penggerak PKK Pusat, Ikatan Dokter Anak Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan juga lembaga serta organisasi terkait lainnya.

Penjelasan MUI tentang Vaksinasi MR

Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), dalam Fatwa MUI No. 4 Tahun 2016 dijelaskan bahwa imunisasi pada dasarnya dibolehkan (mubah) karena sifatnya melindungi dari bahaya yang berisiko nyawa ataupun kecacatan. Ini dilihat sebagai upaya membangun kekebalan tubuh, yang dengan begitu akan menjadi benteng pertahanan tubuh dalam melawan serangan penyakit dari luar atau virus.Dalam hal jika seseorang yang tidak diimunisasi akan menyebabkan kematian, penyakit berat, atau kecacatan permanen yang mengancam jiwa, berdasarkan pertimbangan para ahli yang kompeten dan dipercaya, maka imunisasi hukumnya wajib. Penjelasan ini dinyatakan oleh Dr. HM. Asrorun Ni'am Sholeh, MA, Sekretaris komisi fatwa MUI Pusat.

Sep 07
Rihlah Ilmiah Santri Kelas 5 di Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Kegiatan Kunjungan Santri ke Universitas Gadjah MadaRangkaian Kagiatan Rihlah Ilmiah santri kelas 5 Pondok Pesantren Daar el Qolam 2 ke Pondok Pesantren Darussalam Gontor berlangsung dari tanggal 5 – 10 September 2017. Salah satu tempat yang dituju adalah Universitas Gajah Mada di Yogyakarta. Rombongan sampai di UGM hari Rabu 6 September 2017 dan mendapatkan Sosialisasi dan Orientasi tentang UGM Oleh Bapak Dr. B.R. Suryo Baskoro sebagai perwakilan dari UGM.

Kegiatan Kunjungan Santri ke Universitas Gadjah Mada

Kegiatan Rihlah Ilmiah ini dibimbing Oleh Ustadz Muhdi S.E, M.Pd, Ustadz Muammar Qadafi S.Pd, Ustadz Firmansyah S.Pd.I, Ustadz Imam Fitrianto S.Pd, Ustadz Mulyana S.E dan Ustadz Asep Hidayatullah dari Pembimbing Santri Putra. Sedangkan dari santri putri dibimbing oleh Ustadzah Agustini S.E, Ustadzah Nur Wahyu S.Pd.I. M.Pd. Ustadzah Annisah Nurlely S.Si, Ustadzah Marzuqoh S.Pd., Ustadzah Anita Mega Rohmah dan Ustadzah Syifa Muti’ah Rory.

Kegiatan Kunjungan Santri ke Universitas Gadjah Mada

Kunjungan ke Universitas Gajah Mada diharapkan dapat menumbuhkan motivasi para santri untuk terus belajar mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya ke tingkat yang lebih tinggi. Universitas Gajah Mada dipilih karena UGM merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.


Sep 05
Sosialisasi Program Foundation (MSU dan FDI) Pondok Pesantren Daar el Qolam

Kegiatan sosialisasi tentang program Foundation di Pondok Pesantren Daar el Qolam dilaksanakan agar para santri lebih mengerti dan nantinya dapat mengikuti program tersebut. Program Foundation sendiri terdiri atas 2 program yaitu Foundation MSU yaiti program pesantren yang bekerjasama dengan MSU (Managemen Sains University) Malaysia, dan Foundation FDI, program pesantren yang bekerjasama dengan FDI (Fakultas Diroshah Islamiah) UIN Jakarta.

IMG-20170905-WA0015.jpg

Kegiatan ini diikuti oleh santri kelas 4 dari masing-masing daar el qolam (1,2,3 dan 4), yang nantinya diharapkan dapat mengikuti program tersebut (MSU ataupun FDI) sehingga dapat meningkatkan kualitas santri. Bertempat di Masjid Daar el Qolam 4.



1 - 5Next