Jan 21
SBY, Menag Hadiri Sarasehan Kyai Pesantren Alumni Gontor dan Pesantren Daar el Qolam Semarakkan 50 Tahun Daar el-Qolam Gintung.

​SBY, Menag Hadiri Sarasehan  Kyai Pesantren Alumni Gontor dan Pesantren Daar el Qolam Semarakkan 50 Tahun Daar el-Qolam Gintung.  Pondok Pesantren Daar el-Qolam, Gintung, Banten merayakan hari ulang tahun yang ke-50, Sabtu (20/1/2018)

IMG-20180120-WA0003.jpg

Berbagai kegiatan digelar diusia setengah abad ini Daar el-Qolam sebagai refleksi rasa syukur kepada Allah SWT karena Daar el-Qolam masih tetap eksis mengemban visi dan misinya sebagai lembaga pendidikan Islam. Acara tersebut bertajuk ‘Menjaga Amanah, Merawat tradisi dan Merespon Modernisasi.

IMG-20180120-WA0002.jpg

Peringatan setengah abad digelar sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang memercayai Daar el-Qolam sebagai tempat menggali ilmu pengetahuan. Daar el-Qolam berdiri pada tanggal 20 Januari 1968, didirikan oleh Kyai Ahmad Rifa’i Arief. Pesantren terbesar di Provinsi Banten kini dihuni lebih dari 5.500 santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Rangkaian acara kegiatan milad ke-50 tahun ini sudah berlangsung sejak 15 sampai 22 Januari 2018. Acara tersebut Antara lain; Jambore dan Raimuna Antar Pesantren Se-Jawa dan Sumatera, Malam Refleksi dan Tayangan Film Dokumenter 50 Tahun Daar el-Qolam, Apel Peringatan Milad, Silaturahmi Nasional dan Sarasehan Internasional Forum Pimpinan Pesantren Alumni Gontor dan Gintung, Reuni Akbar Alumni Daar el-Qolam, Daar el-Qolam Expo dan hiburan masyarakat yang akan menampilkan Rhoma Irama dan Soneta Grup. 

Kyai Zulkifli Muhadli selaku Ketua Forum Pesantren Alumni Gontor (FPA) mengatakan, bahwa acara Milad 50 Tahun Pesantren Daar El Qolam banyak dihadiri Tokoh Nasional salah satunya Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. "Alhamdulillah acara Sarasehan dihadiri oleh Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin dan beberapa tokoh nasional lainnya. KH. Hasan Abdullah Sahal sebagai Pimpinan Pondok Modern Gontor dan Ratusan Kyai Alumni Gontor Se-Indonesia juga banyak yang hadir," kata Kyai Zulkifli Muhadli di Daar El Qolam. 

Jan 20
Apel Milad Pondok Pesantren ke 50 Tahun

​Apel Peringatan Milad ke 50 Tahun Pondok Pesantren Daar el-Qolam, Gintung, Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang, telah dilaksanakan hari ini (sabtu 20 Januari 2018).

Gawean besar ini sebagai refleksi rasa syukur kepada Allah SWT karena Pondok Pesantren Daar el-Qolam masih tetap eksis mengemban visi dan misinya sebagai lembaga pendidikan Islam.

Acara bertajuk ‘Menjaga Amanah, Merawat Tradisi, Merespon Modernisasi, ini juga bentuk ungkapan terima kasih pondok kepada masyarakat Indonesia yang memercayai Daar el-Qolam sebagai tempat menggali ilmu pengetahuan.

Pondok Pesantren Daar el-Qolam didirikan pada 20 Januari 1968 oleh Kiai Ahmad Rifa’i Arief. Pesantren ini dihuni lebih dari 5.500 santri dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam upacara tersebut Pengasuh pesantren menyampaikan rasa kesyukurannya dalam melaksanakan amanah dari pendiri peaantren K.H Ahmad Rifa'i Arif (alm) untuk melaksanakan estafet kepemimpinan Daar el Qolam berikutnya. Beliau juga menyampaikan kepada pemimpin pesantren penerusnya untuk tetap melaksanakan amanah, merawat tradisi yang sudah baik dan merespon modernisasi.

Rangkaian acara kegiatan milad ke-50 tahun ini akan berlangsung sejak tanggal 15 sampai 22 Januari 2018. Antara lain; Jambore dan Raimuna Antar Pesantren Se-Jawa dan Sumatera, Malam Refleksi dan Tayangan Film Dokumenter 50 Tahun Daar el-Qolam, Apel Peringatan Milad, Silaturahmi Nasional dan Sarasehan Internasional Forum Pimpinan Pesantren Alumni Gontor dan Gintung, Reuni Akbar Alumni Daar el-Qolam, Daar el-Qolam Expo dan hiburan masyarakat yang akan menampilkan Rhoma Irama dan Soneta Grup.

Jan 19
Milad 50 Tahun Daar el Qolam: Malam Refleksi Perjalanan 50 Tahun Pondok Pesantren Daar el Qolam

​Malam refleksi perjalanan 50 tahun daar el qolam di adakan pementasan teater dari santriwan dan santriwati yang menceritakan perjuangan K.H. Ahmad Rifa'i Arif dalam mendirikan dan menembangkan pesantren.

Jan 18
Milad 50 Tahun Daar el Qolam: Daar el Qolam Harus Maju Multibidang

​Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan Pondok Pesantren Daar El Qolam, Banten, beserta alumninya bisa bergerak maju di segala bidang.

"Saya harap semua alumni Daar El Qolam agar dapat bisa bergerak di berbagai bidang," kata Lukman dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan berharap Daar El Qolam bisa menjadi sarana pendidikan tradisional yang memperkuat kedaulatan NKRI.

Memasuki miladnya yang ke-50 tahun ini, Daar El Qolam diharapkan terus memberi sumbangsih bagi Indonesia lewat kekhasannya.

Ponpes Daar El Qolam sendiri dalam kesempatan peringatan milad ke-50 itu akan menggelar sejumlah kegiatan bertajuk "Menjaga Amanah, Merawat Tradisi, Merespon Modernisasi".

Rangkaian acara kegiatan milad ke-50 tahun ini akan berlangsung pada 15-22 Januari 2018 dengan mata acara Jambore dan Raimuna Antarpesantren se-Jawa dan Sumatera, Malam Refleksi dan Tayangan Film Dokumenter 50 Tahun Daar El Qolam, Apel Peringatan Milad, Silaturahmi Nasional dan Sarasehan Internasional Forum Pimpinan Pesantren Alumni Gontor dan Gintung.

Selain itu, terdapat juga ajang Reuni Akbar Alumni Daar El Qolam, Daar El Qolam Expo, dan hiburan masyarakat yang akan menampilkan Rhoma Irama dan Soneta Grup.

Daar El Qolam didirikan Kyai Ahmad Rifa`i Arief pada 20 Januari 1968. Pesantren terbesar di Provinsi Banten itu kini dihuni lebih dari 5.500 santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. 


Sumber : antaranews.com


Jan 17
Milad 50 Tahun Daar el Qolam: Jamrana (Jambore dan Raimuna) Setengah Abad Daar el Qolam

​Salam Pramuka..! 

Sebanyak  1.220 santri dari 42 kontingen putra dan putri berasal dari berbagai pondok pesantren jawa dan sumatra mengikuti Jambore dan Raimuna (Jamrana) dalam rangka peringatan 50 Tahun Pondok Pesantren Daar el Qolam Gintung Kecamatan Jayanti Tangerang Banten. Kegiatan Jamrana ini bertempat di tiga lokasi yaitu di lapangan Pondok Pesntren Daar el Qolam 1 (peserta penggalang dan penegak putra), di wilayah Pondok pesantren Daar el Qolam 2 (peserta jamrana penggalang putri) dan di wilayah Pondok pesantrem Daar el Qolam 3 (peserta penegak putri). Jamrana yang bertema Menggali Kreativitas Membentuk Pramuka Islami ini akan berlangsung dari hari Senin (15/1/2018) hingga hari kamis (18/1/2018). 

Bentuk kegiatannya terdiri atas wisata pendidikan, petualangan, menggali wawasan dan kreativitas, permainan tradisional dan modern, serta perlombaan yang menguji ketahanan hidup.

Pembukaan Jamrana dilakukan di lapangan Hijau Pondok Pesantren  Dar el Qolam 2, Oleh Pengasuh Pondok Pesantren Daar el Qolam Drs. K.H Ahmad Syahiduddin. 


Satyaku ku darmakan 

Darmaku ku baktikan.. 

Jayalah Pramuka Indonesia..

1 - 5Next